Di kesempatan  ini saya akan sedikit membahas tentang salah satu penyakit pada ikan louhan. Salah satunya penyakityang kerap menyerang ikan hias air tawar  ini adalah serangan jamur. Seperti layaknya jamur pada ikan guramei, pada ikan louhan pun jamur dapat menjadi parasit yang merugikan. Louhan yang terserang jamur perlahan tubuhnya akan lemas dan jika dibiarkan akan berujung pada kematian.

Jamur yang menyerang pada ikan Louhan dapat cepat menyebar, untuk itu diperlukan penanganan sedini mungkin. Gejala awal yang dapat anda lihat adalah munculnya bintik-bintik putih pada tubuh lohan. Penyebab munculnya jamur inipun beragam, diantaranya :

  • Salah satu penyebabnya bisa karena pH air yang tidak stabil dan memungkinkan bakteri dan jamu berkembang biak dalam akuarium.
  • Kotoran ikan yang tidak tersaring sempurna pada filter dan mengendap terlalu lama.
  • Makanan (hidup) yang tidak bersih/mengandung penyakit.
  • Tertular louhan lainnya yang terkena jamur, ini bisa terjadi jika louhan berada dalam satu akuarium.


Cara Mencegah Jamuran Pada Louhan

Dari beberapa penyebab diatas seharusnya anda sudah mendapat gambaran tentang penyakit pada louhan ini. Nah untuk memastikan ikan Louhan tidak terserang oleh jamur, ada beberapa langkah yang dapat anda terapkan untuk menghindarinya.

Menguras Akuariun Secara Teratur

Menguras akuarium adalah hal yang wajib dilakukan jika anda ingin memeliharaikan hias dalam akuarium. Jangan biarkan air akuarium terlalu lamatidak dibersihkan, air yang kotor dapat menjadi berbagai macam sumber penyakit.Lakukanlah pergantian air dan kuras akuarium secara rutin dan teratur. Air yang bersih akan meminimalisir munculnya bibit-bibit penyakit pada ikan hias anda,tidak hanya pada ikan louhan saja ini juga berlaku untuk semua jenis ikan hias dalam akuarium seperti ikan cupang, maskoki, arwana dll.

Memberi Garam Ikandapat dilakukan dengan dosis 1 sendok makan untuk setiap 10 liter air yangdigunakan.

Memberi Heater / Pengatur Suhu

Suhu air juga menjadi salah satu indicator dalam munculnya jamur, suhu yang tidak sesuai memungkinkan jamur dapat hidup mengganggu ikan yang berada dalam aquarium. Untuk itu di perlukan Heater sebagai pengatur suhu air dalam akuarium akan ideal untuk ikan anda.Suhu yang hangat dan stabil akan membuat ikan anda semakin nyaman berada dalam akuarium,sehingga jamur dan bakteri tidak dapat hidup di dalamnya.

Memberi Obat Ikan

Pemberian obat ikan disini di maksudkan sebagai tindakan pencegahan,untuk itu dosis yang digunakan juga tidak sama dengan dosis untuk pengobatan.Beberapa yang dapat anda berikan diantaranya Methyline Blue,Acriflavine,Pomate dll.Dosisdapat mengikuti petunjuk yang diberikan pada setiap kemasan..

Cara Pengobatan Ikan Louhan Yang Terkena Jamur

Ada beberapa Langkah Cara Pengobatan Louhan Yang terkena Jamur Berikut langkah pengobatan yang dapat Anda lakukan ::

  • Pertama anda dapa menguras akuarium secarake seluruhan,pastikan akuarium benar-benar bersih sebelum memasukan air yang baru.
  • Setelah anda mengganti air,berilah garam ikan dengan dosis 3 kali dari dosis harian seperti diatas .
  • Pemberian obat ikan juga diberikan dengan dosis untuk pengobatan, untuk cara dosis yang tepat anda dapat mengikuti petunjuk yang tertera di kemasan.
  • Atur ulang heater dengan sedikit menaikan suhunya agar menjadi lebih hangat dari suhu biasanya.
  • Jangan beri pakan yang mudah hancur seperti cacing sutra,atau jika memberi  pellet berilah secukupnya saja.Jangan biarkan ada sisa pakan yang  termakan menumpuk di akuarium.
  • Lakukan pengobatan selama 3 hari dan tunggu hasilnya. Jika dalam 3 hari jamur pada louhan sudah hilang,puasakan ikan louhan selama 1 hari.Baru setelah dipuasakan ikan louhan dapat diberi pakan secara normal kembali.

Dengan langkah pencegahan seperti diatas,seharusnya ikan louhan memiliki kemungkinan yang kecil dapat terserang jamur. Yang perlu anda perhatikan adalah kebersihan air dan juga pakan yangakan diberikan.Pastikan juga suhu air berada pada suhu yang pas dan stabiluntuk menghindari berkembangnya jamur dalam akuarium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.